11 Agustus, 2007

Membaca Sambil Tiduran

Benarkah kebiasaan membaca sambil tiduran ada gangguannya dengan mata minus?
“Bukan posisi membacanya yang sebenarnya menyebabkan mata rusak, tetapi lampu yang menerangi tulisan. Jadi tidak ada hubungan antara posisi tidur sambil membaca dan kelainan mata.”
Pada posisi sambil duduk, lampu menerangi biasanya dating dari atas, sehingga posisi demikian dinilai paling baik. Namun tidak ada salahnya anak-anak atau siapapun, untuk tidak membaca sambil tiduran, apalagi kalau lampu penerangan tidak cukup.

Untuk keperluan membaca, atau juga pekerjaan tangan yang rumit seperti menjahit, melukis, menulis dan sebagainya disarankan menggunakan penerangan dengan bola lampu susu 40 watt. Sebaiknya sinarnya dipusatkan ke objek bacaan atau pekerjaan yang dilakukan. Bola lampu susu tidak silau karena ada filternya. Sedangkan lampu neon tidak disarankan karena sinarnya berupa getaran. Lampu duduk dengan bohlam 60 watt dinilai terlalu terang, sebaliknya dibawah 40 watt terlalu redup. Kurangnya penerangna yang cukup menyebabkan kerja otot terlalu berat sehingga mata mudah lelah dan pedih, dan ini mempercepat timbulnya kelainan miopi.

2 komentar:

  1. woww... gitu yaa ka...
    asyik masih 'boleh' mbaca sambil tiduran... :D

    BalasHapus
  2. hmm..begitu,,,
    apa getaran lampu neon sangat berpengaruh? kan getarannya gk terlalu kerasa di mata?

    BalasHapus