21 Maret, 2008

Beberapa Kesalahan dalam Penggunaan Ponsel

Meskipun teknologi memudahkan aktifitas manusia, namun WHO menyimpulkan penggunaan ponsel secara terus menerus selama 5-18 tahun atau lebih menimbulkan resiko lebih tinggi terkena serangan kanker darah (leukemia) atau kanker pankreas. Seorang yang sering tekena radiasi ponsel, cepat atau lambat, dapat mengalami efek detrimental pada otak.

Riset medis di Amerika Serikat menunjukkan, laki-laki yang menggunakan ponsel lebih dari 4 jam setiap hari mengalami penurunan jumlah sel mani sebesar 40% dibandingkan laki-laki yg pemakaian ponselnya lebih rendah..Ada 6 fakta perilaku yang ternyata secara medis berpengaruh kepada si pengguna ponsel:

  1. Menggantungkan ponsel di leher atau pinggang

Hal ini memang sudah biasa dilakukan oleh kebanyakan orang karena terasa lebih praktis. Namun fakta medis berbicara lain. Menyimpan ponsel di sekitar area leher berbahaya bagi penderita arrhythmia atau gangguan irama jantung. Fungsi jantung menjadi tidak sempurna akibat pengaruh radiasi dari ponsel yang menggantung di sekitar dada.
Solusi:
Simpan ponsel dalam tas, dompet atau sarung dengan cara di genggam, bukan diikat pada pinggang atau digantungkan di leher

  1. Langsuung menempelkan ponsel di telinga ketika hubungan belum tersambung

Umumnya, begitu memencet nomor yang ingin dihubugi, pengguna langsung menempelkan ponsel di telinga untuk mendengarkan apakah nada sudah tersambung. Padahal percakapan belum dimulai sedetikpun.
Solusi:
- ketika hubungan telepon belum tersambung, radiasi akan bertambah kuat. Beri selang waktu 5 detik untuk kemudian menelepon ulang kembali.
- Menempelkan ponsel di telinga ketika menelepon

  1. Menempelkan ponsel di telinga ketika menelepon

Kelemahan suara yang dihasilkan sebuah ponsel bisa jadi alasan kenapa banyak orang yang tidak memberi jarak sedikitpun antara telinga dan ponsel yang digunakan.
Solusi:
- memberi jarak antara telinga dan ponsel anda
- pilih operator dan ponsel yang mampu memberikan jaringan dan sinyal yang baik.

  1. Melakukan percakapan terlalu lama

Tarif murah yang diberikan operator seperti memberi jalan tol bagi user untuk tak bosan bicara berjam-jam lewat ponsel. Padahal jika ponsel mulai terasa panas, anda tahu bahwa ada sesuatu yang tidak beres.
Solusi:
- gunakan handsfree untuk mengurangi radiasi
- jika harus terpaksa menelepon dalam jangka waktu lama, letakkan ponsel secara bergantian di kiri dan kanan telinga setiap 1-2 menit
- bila perlu, buat saja janji untuk bertemu.

  1. Bicara sambil mojok di sudut tembok, dan berbisik-bisik saat menerima telepon

Menelepon dengan bersembunyi di sudut ruangan lebih membahayakan kesehatan. Dalam kondisi umum, penutupan sinyal di sudut ruangan dapat menyebabkan daya radiasi ponsel pada ponsel pada sudut tertentu bertambah besar.
Solusi:
- usahakan untukk mencari ruangan terbuka untuk berkomunikasi via ponsel
- jangan menggunakan ponsel untuk bergosip

  1. Menelepon sambil mondar mandir
Tanpa kita sadari, sejumlah orang suka berjalan-jalan ketika menelepon. Padahal menggerakan ponsel ketika menelepon menyebabkan ketidak stabilan sinyal yang diterima. Kalau sudah begitu, terjadi perubahan daya tinggi dalam waktu singkat yang tidak diperlukan.
Solusi:
- cari posisi yang nyaman
- berhenti dan diam ketika menelepon, karena menelepon hanya membutuhkan suara dan ponsel sebagai perantaranya
- membuat kebiasaan baru: tidak menjadi orang yang terlalu sibuk untuk sekadar menerim telelepon
- tidak menerima telepon sama sekali jika anda sedang bergerak

FORSEL edisi Feb 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar