15 Desember, 2008

Hati-hati Bersihkan Kotoran Telinga

3 hari ini badan lagi ga enak, kepala pusing, hidung sendlap-sendlup (pilek), mata terasa berat, bawaannya pengen tiduur . Kemaren sore [14/12/2008] habis kerja pengen tidur tapi ga bisa :( . Tiba-tiba telinga terasa gatal. Daripada tidur ga bisa2, mending bersihkan telinga aja.bersihkan-kotoran-telinga Sampe lupa udah berapa lama telinga ini terakhir dibersihkan. Maklum, tidak ada jadwal khusus untuk membersihkan telinga. Jika udah terasa gatal baru dibersihkan, walaupun udah berbulan-bulan belum dibersihkan kalau belum terasa gatal ya masih males bersihkan telinga.

Lagian kata dokter, kotoran telinga akan penuh sekitar 3-4 bulan, jadi ini waktu yang tepat untuk membersihkan telinga dari kotoran2. Tidak terasa 4 buah cotton bud aku habiskan. Tapi alih-alih telinga bersih, malah MAMPET!! Aaaarghh...mungkin ini karena tadi sambil membayangkan sesuatu [ yang jelas bukan mesum ]. Dengan pikiran kacau aku kurek2 sampe habis 3 cotton bud lagi. Huuh! Belum bisa keluar juga tuh kotoran! Mungkin karena kotoran tadi tidak sengaja kudorong sampe menutup lubang telinga. Akhirnya nyerah juga, aku biarin satu telinga dengan kondisi mampet.

Beberapa jam kemudian jadi tidak tahan dengan kodisi telinga mampet sebelah. Dengan sedikit rasa sakit aku kurek lagi, tapi sebelumnya aku masukkan air ketelinga dulu trus dikeluarkan lagi dan kubiarkan beberapa menit. Pikirku semoga kotoran yang mengendap tadi mencair/meleleh. Alhasil, dengan bantuan 2 connton bud kotoran yang menyumbat lubang telinga berhasil dikeluarkan :D . Alhamdulillah, akhirnya bisa mendengarkan dengan jelas walaupun masih ada sedikit rasa mendengung.

cotton-budsKarena terlalu senang dengan keberhasilan mengeluarkan kotoran tadi, kuulang lagi dengan memasukkan air ke lubang telinga. Lagi2 dengan 2 cotton bud. Kali ini agak sakit waktu membersihkan, udah sampe ke gendang telinga kali :( . Padahal kotoran telinga itu sebenarnya tidak sampai ke dalam sekali, hanya sepertiga luar, justru kita yang mendorong kotoran itu sedikit demi sedikit. Dari semua cotton bud yang aku gunakan semua penuh dengan kotoran telinga, dan bisa dibilang tidak sedikit.

Pelajaran yang bisa kuambil dari kejadian ini yaitu: hati-hati ketika bersihkan kotoran telinga, ketika membersihkan telinga gerakkan cotton bud dari dalam ke luar, jangan malah mendorong masuk :D . Dan pertanyaannya adalah, ada berapa cotton buds yang aku gunakan untuk membersihkan telinga? :D

22 komentar:

  1. ngga langsung ke THT aja mar?

    BalasHapus
  2. haduh, aku terakhir kali bersihin telinga pas taon berapa ya???
    hehe..
    btw, congraz ya atas keberhasilannya bersiin kuping..*lebai*

    BalasHapus
  3. hahahahha..untung aQ g separah itu klo bersiin telinga, aQ kebiasaan ngebersiin telinga sebulan sekali, atau dua bulan sekali, dan jujur aQ orgnya suka jijik2an, jd klo udah pk 1 cutton bud, n ada kotorannya, langsung aQ ganti, sebab, pikiran aQ, masa kotorannya mo dimasukin lg ke telinga, mamaQ bilang aQ boros klo pk cutton bud karena br dikit kotorannya, langsung main ganti aj, bahkan kadang2 cm kayak titik aj, lgsng Qganti..hehe..jd kira2 kepake sekitar 3-4 cutton bud dech..
    Makasih y udah main2 k blogQ
    salam kenal

    http://sarahtidaksendiri.wordpress.com

    BalasHapus
  4. uhm,,, Maz dee..
    Seberapa kotor si'?
    ati-ati loh mas, beberapa hari kemaren tetanggaku sampe meninggal...
    (kecelakaan tapinya)
    Hehe... ;)

    BalasHapus
  5. Hahaha...jadi inget temen kuliahku dulu. Asyik2 bersihih malah cotton budnya ketinggalan di kuping. Makanya ati-ati ya

    BalasHapus
  6. ih...jd ngeri nih
    serem bgt jd takut...
    (film horor kali serem):)

    BalasHapus
  7. aku biasa pake cutton bud untuk menggaruk lubang telinga yg tiba2 gatal.. Hooohoh

    BalasHapus
  8. aku tiap habis mandi selalu,bersihin telinga....

    nah,aku mandi..3 hari untuk selamanya je..???

    pie jal..????

    BalasHapus
  9. ke dokter THT aja bos, lebih aman dan bersih

    BalasHapus
  10. dulu sih gw juga pernah lebih parah, kapas cotton budsnya ketinggalan dikuping :(

    langsung ke tht deh :)

    BalasHapus
  11. 3 sampe 4 bulan???


    lama banget diiii!! geliii,

    BalasHapus
  12. pake bulu ayam wae...geli2 piye..

    BalasHapus
  13. Gampang membersihkannya: dengan Audispray membuat kotoran telinga meleleh sendiri. Anda tinggal mengelap cairan kotoran yang keluar di sekitar lobang telinga dan menganti sarung bantal saja.

    Atau pergi ke dokter THT untuk disedot kotoran telinganya.

    BalasHapus
  14. thx atas infonya..
    btw, kalo saya biasanya ngebersihinnya pake terapi kuping yang pake lilin.. enak koq... langsung plong !

    BalasHapus
  15. Masi bedengung jg nya kupingnya....???

    BalasHapus
  16. mending bersihin pake alat korek kuping yang dari besi, ujungnya seperti sendok, jadi kemungkinan kotoran kedorong kedalam semakin kecil.

    BalasHapus
  17. aduh,seharusnya kan selesai mandi kita harus bersihin telinga,masa tunggu harus gatal sih telinga baru di bersihin......JOROK SEKALIIIIII....pasti bau tuh...ih seremmm

    BalasHapus
  18. aduh,itu sih kesalahan sendiri,masa bersihin telinga harus tunggu gatal...? kan seharusnya setiap selesai mandi kita harus bersihin lubang telinga dan daerah sekitar telinga dengan cotton buth...kalo tunggu gatal baru di bersihin itu mah namanya program JOROK tuh...

    BalasHapus
  19. hari ini mampet telingaku, diapain nih?? pdhl rajin brsihin kok

    BalasHapus
  20. Your website is really inspiring for me to achieve success, keep the spirit.
    Otopain Obat Tetes Untuk Telinga

    BalasHapus