16 Oktober, 2009

Ganti hp, Ganti URL blog

Bagi blogger yang sering mobile tentunya tetap pengen bisa posting di sela-sela kesibukannya atau bahkan di tengah kesibukannya. Yang handphonenya merk Sony Ericsson tipe tertentu, hal itu sudah tidak menjadi masalah. Fasilitas photoblog dari SE sudah bisa dengan mudah posting lewat hp. Ada 3 cara: pilih gambar atau photo trus 'send to blog'. Atau ketik REGISTER kirim sms ke 256447 (BLOGGR). Atau juga bisa dengan cara langsung posting photo atau text lewat MMS, kirim ke go@blogger.com. Tapi untuk pertama kali, URL blog akan dipilih secara acak.

Untuk mengganti URL agar sesuai dengan keinginan kita atau, ikuti saja perintah sms yang kita terima setelah publish posting lewat hp tadi. Login di http://go.blogger.com/ dengan token yang kita terima lewat sms. Untuk memasukkan URL ke dalam akun kita (tanpa merubah URL), caranya juga sama dengan login di http://go.blogger.com/.



Setelah login accont blogger, kita pilih blog mana yang akan kita singkronkan dengan hp.



Cara di atas untuk memasukkan blog baru ke akun blogger kita, atau mengubah tujuan URL mobile blogging. Sekarang bagaimana jika kita ganti hp? Atau ganti URL (mobile blogging) yg sudah kita masukkan ke akun blogger?
Jika ganti hp, tentunya URLnya akan ganti menjadi acak lagi. Untuk mengembalikan ke URL yang kita kehendaki caranya ya sama seperti di atas. Jangan lupa untuk meng-unreg dari hp yg dahulu. Caranya, yang pertama ketik UNREGISTER kirim ke 256447.

Atau masuk ke dashboard >> setting >> email & mobile, kemudian klik remove pada mobile divice di bawah sendiri. Dengan demikian hp yang lama tidak lagi berhubungan dengan blog yang bersangkutan. Setelah di-remove, baru kita posting dari hp yang baru.

Ada cara lain untuk posting dari hengpon. Yaitu dengan mengirim email seperti biasa dari hp kita. Pertama-tama kita tentukan alamat Mail2Blogger yang menjadi alamat email tujuan kita nantinya (lihat gambar contoh di atas). Setelah ditentukan alamat emailnya (jangan lupa di-save), ya berarti kita sudah bisa posting lewat hp.

Kelebihannya cara yang terakhir ini, kita bisa posting dari hp manapun (tentunya yg bisa kirim email) tanpa pusing2 mindah URL. Kelemahannya, jika email itu diketahui oleh orang lain maka orang tersebut juga bisa posting di blog kita. Untuk itu hati-hati dalam menjaga kerahasiaan email.

Ada yg ketinggalan :D , ini contoh blog (saya) yang langsung upload dari HaPe SE. Tentunya sudah ganti kulit (template). http://mopvim464.blogspot.com/

Read this for more about mobile blogging from blogger.

11 komentar:

  1. siiip di, tapi belum sempet di praktekin neih, lagi di charge hihih.. ntar yaaahhh .. makasii banget yah dii .. makasiii ^^

    BalasHapus
  2. hmmm....gto toh...hehe..baru tau. pake hp cuma buka blog, chating ma pesbuk ae :D..dapet pelajaran baru dari mardee :D. nuwun pak guru ^^

    BalasHapus
  3. he.. he.. tips keren nih.. siiip!!

    BalasHapus
  4. Wah, informasi yang menarik neh. Bisa untuk dicoba. Belum pernah update blog dengan HP. Tks ya mas.

    BalasHapus
  5. Hmmm... Tetep enakan pake shozu mas, ga perlu seribet itu hihihi...

    BalasHapus
  6. hmmm... aku pernah posting via k700i, ka.. cuman karakternya terbatas (sekitar 400 karakter0, huiksss... :(

    BalasHapus
  7. emang pake nukiyem ga bisa ya mar..

    BalasHapus
  8. @ducky: ya bisa duonk ah.. pakai cara yang terakhir ituh Deen, pakai email. asalkan hp bisa bisa MMS/email, ya bisa dipakai buat posting. entah itu nukiyem, motoloro, si inem, eLGeh, atau Sony ya tidak masalah..

    BalasHapus
  9. kalo orang baru pengen belajar nge bloog gimana ya?? amoksandye@yahoo.com

    BalasHapus