22 Februari, 2010

Photo [narsiz] dalam browser anda

Browser adalah program yang wajib dimiliki oleh seorang yang ingin menjelajah dunia maya. Semakin hari berbagai macam browser selalu memperbaiki bug-bugnya dan berusaha mengikuti kebutuhan pemakainya, salah satunya tampilan. Bagi yang sering bosan dengan tampilan browser, theme jadi salah satu pilihan. Firefox, opera dan chrome. Ketiga browser itu (browser yang lain belum coba) kini semakin banyak pilihan theme nya.

Khusus untuk firefox dan opera, anda bisa memakai photo anda sendiri untuk theme. Apalagi bagi anda yang punya penyakit narsis ga ketulungan :D ini bisa jadi salah satu cara untuk menyalurkannya tanpa menyebarkan photo pribadi anda ke seluruh dunia karena hanya bisa dilihat lewat komputer/laptop anda. Caranya bisa dibaca di bawah ini.

FIREFOX
- Versi 3.6 ke atas
- Hanya bisa dipakai pada default theme

Instal Add-ons Personas lalu restart firefox. Kemudian untuk mengaturnya klik personas icon pada toolbar bawah sebelah kiri. Kemudian pilih salah satu dari puluhan personas yang bisa dipakai, atau cari ribuan personas lainnya di gallery personas. Personas beda dengan firefox theme. Untuk personas cukup restart firefox 1x saat instal add-ons personas, kalau theme kan harus restart firefox tiap kali ganti theme. Selain itu bedanya dengan theme, dengan personas kita bisa langsung lihat preview nya ketika di mouseover. Jadi bisa langsung diputuskan mau dipakai atau tidak. Karena hanya bisa dipakai pada default theme,maka personas tidak akan mengubah tampilan firefox secara keseluruhan tapi hanya mengubah warna tulisan, background header dan footer.
personas firefox
personas firefox
Kemudian untuk memasang photo kita pada header firefox, siapkan gambarnya terlebih dahulu. Buat gambar dengan ukuran kira2 sepanjang layar monitor (yang saya pakai 1600px) dan lebarnya sekitar 150px (maksimal 200px). Pastikan photo anda terletak di sebelah kanan gambar agar ketika window firefox diperkecil gambar tetap terlihat. Simpan dalam format JPG atau PNG. Langkah selanjutnya klik personas icon (kiri bawah window firefox) klik custom persona, pilih edit. Cari tempat kita menyimpan gambar tadi untuk header dan footer (gambar sama tidak apa-apa). Ubah text color, klik OK dan lihatlah apa yang terjadi. Jika ingin mempublikasikan personas buatan anda sendiri, silakan baca dulu cara dan ketentuannya. Setelah itu daftar dan silakan upload hasil karya anda.

OPERA
Yang membedakan opera dengan browser lainnya adalah thumnail tab yang bisa diletakkan di atas, kanan, kiri maupun di bawah. Urusan theme juga tidak kalah menarik dan tidak kalah banyak dari firefox maupun google chrome. Untuk menampilkan photo kita pada opera ada 2 cara:
opera
speed dial opera
Yang pertama, yang paling mudah yaitu kita tempatkan photo kita untuk backgroud speed dial. Caranya buka tab baru, klik configure speed dial pada kanan bawah kemudian cek 'enable backgroud image', pilih gambar yang ingin dibuat backgroud. Klik OK dan jadi!

Yang kedua, ini agak sulit (bagi yg belum terbiasa). Contoh hasilnya bisa di lihat di forum myopera. Walaupun bisa mengubah hingga backgound icon-iconnya, tapi hanya bisa diterapkan pada theme tertentu. Yang sudah saya coba memakai theme O'Simple. Langkah-langkah untuk mengubah backgroud lumayan rumit,bisa dibaca di forum myopera:
http://my.opera.com/community/forums/topic.dml?id=211683&t=1266849609&page=2

Untuk kedua cara pada opera di atas dianjurkan memakai gambar dengan resolusi tinggi agar tidak pecah ketiga digunakan sebagai background.

Selamat mencoba dan berkarya :)

6 komentar:

  1. yoi lebih jelas di blog..soale ada gambarnyah...:P

    BalasHapus
  2. salah satunya bukan saia lho :P

    BalasHapus
  3. terimakasih telah berbagi.... nice share

    BalasHapus
  4. Info yang menarik, untuk kita2 yang sangat suka melihat foto2 kita sendiri (narziz) hehehe, dan sudah dapat saya lakukan

    BalasHapus
  5. makasih infonya.numpang baca mas

    BalasHapus