29 April, 2010

Cinta Kerja

Bangun tidur - kerja - ngobrol ngalor ngidul - istirahat siang - kerja lagi - tidur. Hampir tiap hari (di luar hari libur) kegiatan saya itu dan itu. Kalau gitu namanya workaholic atau sabar? Rutinitas yang monoton akan membuat siapapun yang sesabar apapun akan menjadi bosan. Seperti halnya dengan yang saya alami. Sesabar apapun,saya juga manusia yang kadang merasakan bosan.
boring a.k.a bosen
Jika bosan sudah menyatu dengan rasa penat akan berakibat pada hasil pekerjaan/tugas yang tidak (kurang) maksimal. Jadi jika kita sudah merasakan tanda-tanda kebosanan, segeralah usir rasa bosan sebelum menjadi seteress. Seperti yang dikatakan orang-orang, hilangkan rasa bosan dengan kegiatan di luar kebiasaan. Bagaimana jika kebosanan melanda ketika kita berada dalam ruangan kantor saat kerja?

coba cari apa saja yang menarik perhatian di kantor.
tidak ketemu? Ngobrol dengan temen kerja.
basi? maen game.
kalah terus? buka jejaring sosial, komen sana sini.
masih hampa? chating dengan temen yang udah lama tidak chat.
kemudian chating, setelah itu chating lalu chating lagi sampai ketahuan sama atasan :D
Jika sudah ditegur atasan, baru lihat lagi kerjaan yang belum diselesaikan. Maka bosan akan hilang dan berganti dengan kepala pusing dengan kesibukan kerjaan yang keteteran karena ditinggal chating.

Kebosanan dalam bekerja adalah hal biasa yang kita alami, apalagi dengan pekerjaan yang monoton. Hal yang dapat meminimalisir kebosanan tersebut adalah cintai pekerjaan kita. Dengan mencintai pekerjaan (dengan tidak berlebihan) yang kita kerjakan, semua yang kita kerjakan akan terasa lebih ringan. Masalah dalam pekerjaan bukan lagi rintangan, melainkan tantangan. Bosan bisa juga disebabkan karena tidak ada lagi masalah dalam pekerjaan, semua berjalan mulus, bisa dikerjakan dengan santai. Jika hal yang demikian hinggap terlalu lama, bukan hal yang mustahil jika kita bosan dengan pekerjaan kita. Untuk itu cari masalah untuk dipecahkan, cari tantangan untuk diselesakan.

Mencintai pekerjaan tidaklah mudah bagi sebagian orang. Mungkin mereka terpaksa bekerja dalam bidang tersebut. Asalkan itu pekerjaan yang halal, cobalah untuk mencintainya dengan berbagai cara dan usaha. Jika berbagai usaha telah dilakukan dan hasilnya nihil, cari pekerjaan lain. Susah dapat pekerjaan baru? Ciptakan saja pekerjaan itu sendiri.

Buatlah suasana pekerjaan kita menjadi senyaman mungkin. Cintai apapun pekerjaan kita, sehingga kita bisa melakukannnya dengan setulus hati.

gambar diambil dari imageshack.us

12 komentar:

  1. Tips bwt gak boring :
    1. Musik, klo bisa maen alat musik lbh bgus lagi... atw dengering musik ... cadas jga boleh tapi pake headset, biar bayi tetangga gak bangun ... wehehe
    2. Ke alam bebas : gunung, pantai... pastinya, tempat sepi spy bisa semedi eh... tafakur...
    3. Kerjakan hobi yg plg disenengin... tergantung selera msg2
    4. Olah raga sampe capek... truz tidur...
    Wehehe... semoga bermanfaat ... btw, klo ad wkt, mampir2 ya ke blog sederhana q... ajak jga teman2 blogger lainnya... tengkyuuu >> http://salonoyah.blogspot.com

    BalasHapus
  2. do what you love and love what you do ^____^

    BalasHapus
  3. di.. aku pengen cepet2 kerja, cape training teruss :(

    BalasHapus
  4. hehehehe,,,sama aku juga suka bosen ama rutinitas aku,,,tp sekarang mah aku malah jd melankolis kalo berhubungan dg rutinitasku,,,bawaannya sedih mulu....

    BalasHapus
  5. sudah aku link alamat blog kamu dee, maaf ketinggalan yaaa...

    BalasHapus
  6. @oyah: makasih tips tambahannya :)
    @riafvanti: agree!
    @thya: tp klo udah kerja jangan ngeluh lagi: di.. aku pengen training aja, cape kerja teruss :D
    @saa: kok bisa? kan pasiennya beda2 tiap hari?

    BalasHapus
  7. boring..jenuh..bosen... atau apapun sebutannya...
    itu mah wajar...

    yang penting ikhlas dalam melakukan pekerjaan :)
    semangad!!!

    BalasHapus
  8. @ mardee: tapi penyakitnya itu2 aja,,,kegiatannya gitu2 aja...
    dee, aku masih bingung lo. page di template aku ga berfungsi...apa krn readmore bawaan template itu ya? coba aja deh di klik contoh page aku, ga bs kebuka...

    BalasHapus
  9. Saya malah bosen sekolah pengen cepet-cepet kuliah dan kerja hehehe....Salam kenal ya mas

    BalasHapus
  10. iye sih kalau dah rutinas ujung2 nya bosan lagi

    BalasHapus
  11. saya juga pernah mengalami itu

    salam kenal

    BalasHapus
  12. Iya. Kalau cinta, maka kecil kemungkinan akan bosan. Begitu, Mardee?

    BalasHapus