25 November, 2010

Screenshot Web Tutorial

Bagi penggemar Photoshop tentunya sering mencari tutorial di dunia maya kemudian mempraktekkannya langsung. Atau mencari ebook photoshop dan di download untuk dipraktekkan di lain waktu. Kemudian bagaimana jika kita menemukan tutorial yang bagus, tetapi tidak ada ebooknya? Langkah yang biasanya kita ambil adalah menyimpan halaman web yang terdapat tutorial tersebut. Dengan cara-cara tersebut, waktu mempraktekkan tutorial kita akan sedikit kesulitan karena harus buka ebook atau browser dan photoshop secara bergantian.

Cara lain yang lebih efisien adalah dengan mencari tutorial photoshop dalam bentuk gambar, jadi kita bisa membuka tutorial tersebut dalam photosop bersama bahan yang kita praktekkan. Dengan begitu akan memudahkan kita dalam mempraktekkan tutorial. Akan tetapi, tutorial dalam bentuk gambar saat ini jumlahnya tidak banyak (biasanya kita temukan di deviantart). Untuk menjadikan tutorial photoshop di suatu web menjadi gambar, kita biasanya melakukan printscreen. Tapi dengan printscreen kita hanya terbatas pada apa yang kita lihat, tidak bisa print seluruh halaman web.

Dengan WebShot, kendala tersebut bisa diatasi. Kita bisa mengambil screenshot web utuh/full satu halaman, dari halaman atas sampai bawah. File hasil gambarnya berextention .JPG yang kualitasnya bisa kita atur sendiri. Mengambil screenshot web lebih dari satu juga bisa dengan WebShot ini. Dengan hasil screenshot dari WebShot kita bisa langsung buka di photoshop dan mempraktekkannya. Jika cuma ingin ambil gambar tutorialnya, ya tinggal crop pada bagian yang diinginkan. Keterangan dan kelebihan WebShot silakan langsung dilihat dan dibaca di websitenya langsung.

Teknik ini bisa juga digunakan untuk mengakali web yang diproteksi, web yang tulisannya tidak bisa didrag untuk di copy sebagian tulisannya atau pun web yang tidak bisa di klik kanan. Jadi kita tetap bisa ambil manfaat dari web yang dimaksud. Jangan lupa, jika kita menyalin web ke dalam tulisan yang lain harus tetap mencantumkan sumbernya untuk menghargai mereka yg susah payah.

Demikian semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar