10 Oktober, 2011

Cegah Hacking Account Twitter dan Facebook

Posting ini bukan mau mengajari bagaimana caranya hack account facebook atau twitter orang lain. Hanya sedikit tips bagaimana jika account kita dihack orang lain, apa yang harus kita lakukan dan bagaimana mencegahnya. Tips di bawah ini (dengan perubahan seperlunya) saya dapat dari @webmasterID. Jika ada pertanyaan lebih lanjut silakan tanyakan pada beliau.

Yang pertama, tips bagaimana mencegah hack acc twitter:
1. Jangan publish email yang ada di account twitter anda. Dan setting email seperti ini

2. Kalo bisa, email terhubung di blackberry. Kalo gak punya bb, pastikan kita masih bisa login.
3. Biasakan satu account, satu email. jangan jadikan email layaknya jablay, satu email buat massal. *Yang ini agak susah. hehehe..
4. Jangan sembarangan klik link yang dikirim, terutama link yang mengharuskan login. << penting!
5. jangan kasih tahu email dan passworrd anda.

Lalu bagaimana jika sudah terkena hack?
Jika sudah terkena hack:
1. Kalo twitter kena hack. kesini nih >>support.twitter.com/forms/general
2. Jangan lupa di revoke access semua aplikasi.

Kalo abis kena hack dan gak kita revoke semua, sampe jari pengkor akan selamanya kena hack. Pastikan kita bisa login dari PC <-- CATET..!

Yang kedua account fb, kalo udah kena hack 1x bakal permanen bisa dimasuki oleh si hacker. Tapi kalo si hacker emang profesional ya, kalo ecek-ecek sih ga bakal. Pas kena hack, kita pasti bakal ganti password atau ganti email. Tapi tahukah? Kalau cuma begitu masih bisa masuk loh walaupun udah ganti email dan password.

Jika account yang kena hack sudah berhasil kita rebut kembali, yang harus kita lakukan adalah:
1. Pergi ke account setting, trus cek mobile. ada gak nomer hp (selain no hp kita) disana? Kalo ada, remove aja, itu no si hacker.

2. Trus cek ke bagian email, ada email lain gak selain email kita? Karena bisa aja si hacker merger email account fb kita.
3. Sama ke bagian apps. Cek aplikasi2 aneh yang ada di account. Remove aja kalo gak penting dan gak pernah digunain, biar login api nya ilang.

Yang ketiga, bagian terakhir. Pencegahan hack account facebook:
1. Jangan like fanpages atau grup yang tidak jelas. Karena ini salah satu tehnik si hacker dalam membobol email anda melalui security question.
2. Jangan terlalu mempublish foto yang mendekati dengan kehidupan anda. Karena ini juga sama dampaknya kaya tadi. Maksudnya gini, kalo security question email atau fb pasti berbau dengan kehidupan sendiri. Buat nembusnya, harus tahu kehidupan si target, right? Nah, biasanya nyari tahu dari info profile atau foto. Contoh: siapa nama anjingku? Kalo gak kenal-kenal banget, gimana cara tahunya? Yang dilakukan pasti cek foto-fotonya, cari foto anjing dan tinggal cek namanya, pas dicoba. Jeng..jeng..tembus! Makanya luangkan waktu, cek security email, ganti kalo bisa, unlike semua fanpages yang gak penting.
3. Setting account fb, setting siapa yang bisa lihat teman kita. Setting jd "onlyme". Kalo bisa bio dan ulang tahun  atau yg bersifat pribadi di private.
4. Otak jgn mesum! Jangan mau klik link yg berbau bokep, semua link yang berbau bokep itu jebakan betmen!
5. Kalo main di warnet, jangan lupa clean cache and history. Hati-hati sama keylogger, kalo bisa download anti keylogger, cari aja di internet.

Untuk merebut kembali account facebook beberapa hari yang lalu sudah dibahas mbah @webmasterID. Tapi hanya beberapa jam dan kembali dihapus si empunya. Beruntunglah yang sudah menyimpannya. Hohoho.. Jika kalian belum menyimak, silakan tanyakan kembali kepada mbah @webmasterID.

3 komentar:

  1. Nice blog friend. . .b0leh tukeran link ga gan?
    Tp ne lg ok pake hp. .ga bsa psang link blog ini skarang. .kal0 berkenan,kunjngi blog q tman. .sykur mau psang banner q dlu. . .he
    thaks. .q supp0rt deh. . .:)

    BalasHapus
  2. jadi inget akun FB ku yg kena hack :D sampe sekarang ga bisa dibuka lagi karena password emailnya juga lupa

    BalasHapus