08 Februari, 2012

Tips aktifitas online

Tips ini saya dapat dalam acara Membangun dan menjaga reputasi online yang diadakan oleh Yahoo! Indonesia dan Akademi Berbagi di Semarang bulan November tahun lalu -dengan pengembangan seperlunya-. Beberapa tips sederhana yang mungkin kita sering lupakan atau kurang kita pedulikan yang sebenarnya sangat penting.

Langsung saja, waktu mulai aktifitas online yang perlu kita perhatikan; pertama, anggap semua orang melihat. Anggap semua orang melihat posting kita. Posting di dunia maya seperti pasang pamflet/poster di pinggir jalan, siapapun yang lewat jalan itu bisa dan bebas melihatnya. Kedua, pertimbangkan apa yang kita lihat dan baca. Jangan langsung percaya dengan apa yang kita lihat dan baca di dunia maya. Cek siapa yang menyebarkan berita, jika kurang yakin dengan sumbernya tanya simbah Google tentang isi berita. Ketiga, bersikap cerdas dan kamu akan aman. Di sinilah akal pikiran kita dipakai untuk menyaring berita-berita yang berseliweran di dunia maya.

Seperti halnya dunia nyata, di dunia maya juga ada privasi. Untuk menjaga privasi saat online perhatikan beberapa hal berikut; pertama, gunakan kendali privasi. Setiap sosial media pasti ada pengaturan privasi ini, siapa saja yang bisa melihat profil dan aktifitas kita di sosial media tersebut. Siapa yang bisa komentar dan mention kita juga bisa kita atur. Silakan digunakan sebagaimana mestinya. Kedua, kenali kenalanmu. Sedekat apapun kita dengan seseorang di dunia maya jika belum pernah kopdar atau ketemu jangan langsung percaya aja. Jangan langsung mengumbar privasi dengannya. Sekali lagi, seorang bisa menjadi apa/siapa saja di dunia maya. Yang ketiga, lindungi informasi pribadi. Jangan sembarangan sharing tentang informasi kita. Apalagi sharing nomor handphone pribadi di sosial media, itu bahaya! Untuk backup foto dan video yang bersifat pribadi sebaiknya jangan diupload di sosial media. Ada banyak tempat penyimpanan gratis, misal: 4shared, box.net, mediafire, dropbox dan lainnya buanyak sekali atau email juga bisa untuk backup (di Gmail disediakan ruang 7GB lebih). Lalu yang ke empat, pertimbangkan pesan/konten sebelum posting/publish. Jangan asal njeplak, asal upload dan asal komen. Tidak ada salahnya kita berpikir sejenak, misal kita posting ini itu berpengaruh negatif nggak dengan diri kita, mengganggu orang lain nggak, boleh nggak kita posting ini di situ. Luangkan sedikit waktu untuk pertimbangan sebelum posting daripada menyesal nantinya. Ingat, konten yang kita posting di dunia maya itu jejaknya tidak akan bisa dihapus.

Itu sedikit tips sekedar untuk mengingatkan terutama mengingatkan diri saya sendiri. Semoga bermanfaat. Next post, tips keamanan selular insyaAllah.

11 komentar:

  1. Ingat, konten yang kita posting di dunia maya itu tidak akan bisa dihapus

    ▬ penjelasan diatas itu bagaimana kakak ..?
    mohon pencerahan ..... :D

    BalasHapus
  2. iyah... bakalan tetap tersimpan yah walopun udah kita delete ?

    BalasHapus
  3. @toto: misalnya diambil screenshotnya atau didownload dan diupload ulang orang lain.

    BalasHapus
  4. mendingan sih beli hardisk external tuk backup photo2... jangan di upload disana dimari.. ntar orang lain bisa ambil n dimanipulasi dech.

    BalasHapus
  5. tips yang bagus kang. langsung diperhatiken dan di laksanaaken

    BalasHapus
  6. Kalau perlu, online didalam kamar dalam kondisi pintu terkunci gak terlihat sama org lain. Terkadang, privasi offline lbh diperlukan :)

    BalasHapus
  7. @Toto: udah diralat ya, jejaknya tidak akan bisa dihapus.
    @Motor: sama aja, di hardisk external juga bisa dicuri. Yang lebih penting itu bagaimana kita mengamankannya.
    @Hdhe16: jelas itu, privasi offline jelas diperlukan.

    BalasHapus
  8. begitu ya kak . . . ternyata jejaknya :)
    makasih atas penjelasannya :D ...

    salam @mylastof

    BalasHapus
  9. makasi gan infonya :)
    jadi lebih mengerti sekarang

    BalasHapus
  10. Jadi nambah ilmu tentang dunia tentang internet, moga manfaat bagi semua orang, thank bro ilmunya.

    BalasHapus
  11. Terima kasih infonya, akan segera saya praktekkan.sip

    BalasHapus