22 Februari, 2012

Tips keamanan Seluler

Seperti yang saya janjikan pada posting sebelumnya, kali ini membahas tips keamanan seluler. Sumbernya sama dengan posting sebelumnya. Hampir sama dengan tips sebelumnya, cuma yang ini lebih spesifik pada keamanan seluler atau handphone.

Lansung saja, untuk menjaga keamanan seluler beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:
Pertimbangkan pengemukakan pendapat atau berbagi foto. Sebelum berbagi foto dengan orang lain, pertimbangkan dulu apakah foto layak untuk dibagikan dengan orang lain.
Lindungi data pribadi. Sekali lagi, lindungi data pribadi yang tidak layak dikonsumsi orang banyak. Sangat tidak disarankan menyimpan password akun apapun di handphone. Baiknya foto dan video yang ada di handphone dibackup di tempat lain lalu yang di handphone bisa dihapus beberapa yang sekiranya berbahaya untuk dikonsumsi orang lain. Jika handphone-nya lebih canggih, bisa diberi password untuk forder tertentu.
Unduh dari aplikasi yang terpercaya. Jika memang terpaksa download/mengunduh aplikasi di luar web resmi suatu aplikasi, sebisa mungkin cari reviewnya apakah cukup aman untuk diunduh.
Hindari menerima SMS/telephone saat mengemudi. Apa susahnya sih meluangkan waktu untuk menepi sebentar? Tapi perlu diperhatikan rambu di sekitar jalan sebelum menepi, jangan menepi di lampu merah.
Jangan asal balas sms tanpa nama. Setelah dulu ada penipuan sms "Mama minta pulsa", sekarang marak sms penipuan "Transfer uang ke rekening tertentu".

Itu beberapa tips untuk menjaga keamanan selular.
Berbagi tak pernah rugi, tapi juga perlu hati-hati.

6 komentar:

  1. betul kang... saya mendukung semua tips diatas untuk dilakukan

    BalasHapus
  2. Resiko pakai ponsel pintar :p

    BalasHapus
  3. blackberry messenger katanya jg bisa disadaploh....hati2

    BalasHapus
  4. Seperti contohnya lupa nonaktifkan bloutot bisa kena virus tuh hp kita, teknologi makin canggih, hp kita makin pintar, yang makenya pun harus lebih melek teknologi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aah, iya... bener.
      matikan bluetooth jika tidak digunakan.

      Hapus