22 Juni, 2013

Manfaat lain lilin

Di sebagian besar wilayah, lilin masih jadi primadona saat malam-malam listrik padam (selain korek api tentunya). Karena memang itulah fungsi utama lilin. Walaupun sekarang ada lilin yang khusus digunakan untuk aroma terapi. Lilin yang meleleh di suhu 45 derajat celsius ini ternyata punya beragam fungsi selain untuk penerangan.

Pertama, untuk meredam suara pintu yang berisik. Maksudnya pintu yang jika digerakkan mengeluarkan suara. Cara meredamnya dengan menggosokkan lilin pada engsel pintu yang berisik sambil coba membuka-tutup pintu hingga suara hilang.

Kedua, lilin bisa menjadi aternatif untuk tempat jarum jahit, jarum pentul, dan jarum-jarum lainnya. Selain itu lilin juga menjadikan jarum lebih mudah ditamcapkan pada kain atau selainnya.

Ketiga, merapikan ujung tali sepatu. Jika ujung tali sepatu sudah njeprak ga karuan, bisa disedikit dirapikan dengan menggosokkan lilin. Akan lebih bagus jika lilin dilelehkan lalu diteteskan pada ujung tali sepatu.

Keempat, melancarkan resleting yang macet. Gosokkan lilin pada resleting untuk melicinkan dan melancarkan kembali resleting yang macet. Oiya, lilin digosokkan pada dua sis resleting (bagian muka dan dalam).

Yang kelima lilin bisa digunakan untuk menyampaikan pesan rahasia. Gosokkan lilin pada kertas. Untuk mengetahui isinya, kuaskan pewarna cair seperti cat air di atas kertas tadi.



Lebih jelasnya tentang tips di atas bisa dilihat di video di bawah ini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar