06 Desember, 2007

Wortel, Tambah Sehat Bila Dimasak


Meskipun wortel bisa dimakan tanpa dimasak, tetap ingin lebih sehat lagi harus dimasak, begitu menurut para peneliti dari University of Arkansas di Fayetteville.

Berdasarkan penelitian itu memasak wortek dapat meningkatkan anti oksidan yang dimiliki oleh sayuran tersebut. Peneliti mengambil kesimpulan ini setelah melakukan uji coba dengan memasak wortel yang masih ada kulitnya dan yang tidak ada kulitnya. Setelah itu disimpan di tempat yang suhunya sekitar 40℃ selama empat minggu. Setelah itu anti oksidan yang diperlakukan berbeda itu dibandingkan.

Ternyata, kandungan anti oksidan pada wortel tiga kali lebih besar daripada wortel-wortel mentah. Pengukuran terhadap wortel masak itu juga menunjukkan bahwa anti oksidan meningkat pesat pada minggu pertama penyimpanan, kemudian menurun pada minggu kedua dan seterusnya. Walaupun demikian wortel yang dimasak pada minggu ke empat anti oksidannya masih lebih tinggi daripada yang mentah.

Kalau dibandingkan yang masih berkulit dan yang sudah dikelupas, hasilnya menunjukkan bahwa yang masih berkulit menambah kekuatan anti oksidan sayuran tersebut, walaupun perbedaannya tidak terlalu nyata.

Hasil studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry merupakan suatu informasi untuk kaum hawa agar tidak khawatir kandungan penting untuk kesehatan tubuh akan hilang kalau sayuran (khususnya wortel) dimasak.

3 komentar:

  1. waa aku suka wortelllbagus buat mata..hehe..ngantuk ik,,siang2 gene pengennya turu

    BalasHapus
  2. wortel tu ga bagus buat mata Ka!!
    tapi bagus buat perut... :D
    "ngatuk yo turokke"
    nak matuk yo tekokke... :)

    BalasHapus