30 Mei, 2008

Kencing Lebih Banyak Daripada Minum

Pernahkah anda merasa mengeluarkan air kencing lebih banyak daripada air minum yang anda minum? Sebenarnya air yang masuk ke dalam tubuh kita tidak melulu bersumber dari air yang kita minum. Makan soto tetep saja minum air walaupun kita tidak menyebutnya minum kuah soto. Disamping banyaknya air yang masuk ke dalam tubuh, ada beberapa faktor lain yang juga dapat merangsang pembentukan air kencing dalam jumlah yang besar. Beberapa diantaranya adalah tubuh yang dingin, gejolak emosi, minuman beralkohol, dan kafein.

Pada saat berada di lingkungan yang dingin, tubuh akan berusaha menjaga suhunya dengan mengurangi jumlah darah yang mengalir ke kulit. Ini berarti lebih banyak darah yang mengalir ke berbagai orga tubuh, termasuk ginjal. Semakin banyak darah yang mengalir ke ginjal maka akan semakin banyak pula air kening yang dihasilkan.

Pada saat mengalami gejolak emosi karena marah, takut atau stress, seseorang akan merasa ingin buang air kecil walaupun hanya sedikit saja. Alasan hal ini terjadi sangat sederhana. Pada saat seseorang tegang karena gejolak emosi, kandung kemih pun ikut tegang. Otot kandung kemih yang menegang inilah yang menyebabkan rasa ingin kencing. Pada saat yang sama tekanan darah akan meningkat sehingga jumlah darah yang masuk ke ginjal akan meningkat, dan tentunya proses pembentuka air kencing juga akan meningkat.

2 komentar:

  1. wah... 19bee mulai merambah ke dunia kesehatan rupanya :)

    BalasHapus
  2. oh gitu,,makasih infonya

    BalasHapus