04 Januari, 2009

No Award, No Tag, No PR


Yak, posting pertama awal tahun 2009. Pada tri semester akhir 2008 lalu (sebenernya sudah mulai di pertengahan tahun, cuma belum ngetrend seperti sekarang), jika kita blogwalking di sejumlah blogger akan kita temui posting tentang award, tag atau kadang disebut PR. Tapi ini bukan award seperti bloggerchoisaward yang tentunya akan sangat bangga jika kita menang di salah satu kategori, atau paling tidak 10 besar. Tapi blogger award yang dimaksud di sini adalah award dari seorang blogger kepada bloger lainnya sebagai tanda apresiasi sesuai dengan jenis award yang diberikan. Biasanya award disertai dengan 'PR' atau pertanyaan-pertanyaan tertentu yang harus kita jawab. Atau cuma testimoni buat blogger yang menerima award selanjutnya.

Tujuan award dan tag ini macem-macem
- penghargaan kepada blogger lainnya -untuk award-
- solidaritas sesama blogger
- iseng aja- narsis
- cuma mengikuti trend
- meningkatkan page range -dengan linkback-
- dan lain-lain

Kebanyakan para blogger senang ketika blognya mendapat award seperti itu seperti ketika blog ini mendapat 2 award sekaligus untuk yang pertama kalinya. Kemudian setelah blogwalking ternyata banyak juga yang mendapat award sepertiku, bahkan ada yang mendapat lebih dari 5 award pada blognya. Setelah kupikir-pikir tujuan yang paling penting dari berbagi award ini adalah backlink tadi, karena yang menerima award otomatis akan ngelink (kepada yang memberi) pada postingnya. Jarang-jarang ada yang mau ngelink blog orang lain di blognya.

Diantara para blogger ada yang mau menerima, ada yang menolak dengan berbagai alasan. Entah itu 'tidak sempat', 'males' atau karena 'tema blog tidak sesuai'. Saya sendiri kurang setuju dengan adanya berbagi award ini. Karena tujuan-tujan di atas bisa tercapai tanpa harus dengan berbagi award. Kadang isi pertanyaan award atau tag kadang terlalu probadi untuk dipublikasikan di blog. Jika tradisi award dan tag ini terus dibudidayakan, bisa dibayangkan posting blog kebanyakan hanya award dan tag. Karena tiap blogger bisa saja membuat award dan tag sesuai keinginannya. Padahal tiap award dan tag biasanya diteruskan ke 5 sampai 10 blogger lainnya. Tentu saja lama-lama juga akan bosen klo blogwalking isinya itu-itu aja. Kadang yang diberi award tidak tahu menahu tentang maksud award ini dan asal lempar award aja.

Itu cuma pendapat dari saya, mau diterima silakan kalau tidak ya tidak apa-apa. Intinya saya cuma mau memberitahu kalo blog ini sudah tidak menerima award, tag atau PR dalam bentuk apapun. Gitu aja :)

20 komentar:

  1. hehehe, klo utk postingan ini saya agak gmn geto:D

    dl saya sempet dibilang cuma cari backlink sekalian ningkatin PR, karena saya bilang award, tag dan juga apalah namanya yg diberikan itu saya sebut sebagai apresiasi kawan - kawan saja, saya istilahkan solidaritas.

    lain orang lain kepala, tapi saya dicap beda, dengan menonjolkannya unsur sahabat dan juga solidaritas, malah disuruh hati2 saja bagi yg menerima baik itu award, tag yg ningkatin PR meskipun itu benar. tapi saya memang engga ada niat berpikiran yg aneh2 krn dl sempet anti dengan beginian krn takut masalah kedepannya

    ehhh kejadian...hihihi...cape dehhh, sekalian aja link blogroll utk semua blog saya lepaskan, saya ndak mau orang2 me-link blog saya dan sudah saya lakukan sampai sekarang.

    tanpa tuker link pun saya masih bisa mendapatkan page rank atau backlink ;)

    untuk award dan tag, tetep saya terima sampai saat ini dan tidak saya sebarkan. saya pake koleksi aja pemberian dari sobat blogger yang sudah memberikan apresiasinya untuk saya;)

    sekarang perasaan lebih enteng tidak memikirkan link, lebih enak ngutak atik, bebas :)

    bebas bersahabat, bebas dengan memposting atau belajar apa saja ;)

    oke, salam kenal sebelumnya ;)

    terima kasih sudah mampir di blog saya :)

    BalasHapus
  2. @ nara: hmm...trus intinya?
    kok saya masih lom mudeng ya maksudnya apa :D

    BalasHapus
  3. setuju, tapi cuma 50% aja yah mas hehe

    BalasHapus
  4. iyahh..setuju bgt dah, gw aj mpe skrng belon ngerjain PR award dan Tag2 ituh..males bgt dah..lol

    BalasHapus
  5. Hello there my friend! I found your blog very interesting so I have added your link in my Blogroll. I hope you'll link me back. Have a nice day! http://hapiblogging.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Good Blog. Already Link to your blog. thx

    BalasHapus
  7. eh gw blom pernah dapet award!

    BalasHapus
  8. aku pernah dapat award 1 kali
    dan dapat PR 1 kali

    BalasHapus
  9. maka dari itu saya membangun sebuah blog diary yang kuberinama gatelgaruk..

    huooh, sebelumnya mumetz piye meh nolak award n PR dari temen2 ke blog organic ku, secara gak sesuai tema gitchu,, belon lagi musti milih 10 / lebih teman untuk di tag.. fiuuh..

    yg pasti award n PR yg ada aku anggap sebagai perekat hub. silaturahmi sesama blogger ajah..

    BalasHapus
  10. huahahaha, gak akan kirim2 deh diiii hohoho

    BalasHapus
  11. haha... kalo saya pribadi sih enggak gitu2 amat kali....
    yang ngasih aja baru sekali2nya mampir.
    klo saya sih, di kasih ya diambil, gak diambil juga gak ngaruh.. toh kretifitas dalam menulis apapun gak akan terpengaruh oleh award2an or pagerank,or apalah untuk ningkatin kualitas blog.. yang penting, apa yang mo saya tulis tercurah.. itu ajha..
    mungkin tergantung pribadi2 masing2 dhe,,, gak semua gitu.. kalo liat temen SarangPenyamun yang banyak terima award,,, banyak pula postingan macem2... so,,, it's up to u to think about blogger award.
    kalo untuk menampilkan link temen sih,saya gak akan keberatan,, absolutely NOT,, gak susah kok hanya copas alamat mereka ajha...
    oke fren...?but, this is nice posting!

    BalasHapus
  12. Biarin Weeeeeeeeeeek,,,
    pokok mah vee mu kirim, gag peduli, pokoknya di terima, awaz kalu gag!!!!!

    BalasHapus
  13. kadang-kadang tag atau pr berisi tentang hal-hal yang menurut aku itu pribadi, jadi bukannya malas tuk ngerjain tapi ga mau

    BalasHapus
  14. piye yo pak, bingung juga.
    kalo saya si cenderung rasa "ga enak" ( wong jowo banget ) tapi asline yo males ( jowo maneh ).
    palagi pertama, ya di tulis first award no second :D

    ngisi2 tag gitu ama pr, ya walhasil kan aslinya emang berburu backlink :D

    dolo si ga suka yg namanya cari dollar, ngeblog polosan aja. tapi lama2 di panas2in temen ya panas juga, akhirnya terjun bebas deh.
    tapi masih bingung2 gitu mau keman... kwkwkwkw..
    *ga nyambung

    kemaren ikut gath akbar pak????

    BalasHapus
  15. okedeh bos itu mas sah-sah aja..

    BalasHapus
  16. yupz..pendapat orang beda2.hehhe....
    kalo saya dapet award, tak ambil. ngga ada ruginya kok :).bisa nambah temen,hehhe..mgkin kalo meneruskan itu yang males.hehheehe...(bingung buat siapa maksudnya).kalopun award tidak berpengaruh terhadap PR, bagiku ngga masalah, bukan berarti ngga terima dan ngga dipasang diblog kita.mungkin kalo dalam setahun saya dapet award yang banyak, ngga tak taruh di hal depan, tapi hal lain (biar ngga penuh award tok,hehe).punten kawan, itu pendapat saya

    BalasHapus
  17. iya gpp kalau berpendapat seperti itu. Bangga kalau bisa berpendapat seperti itu. Kalau aku sendiri hanya ingin menghargai orang yang memberi award ke aku saja. Jika ingin memberikan biasanya aku berikan yang sering mampir ke tempatku atau tambah persaudaraan antar blogger saja. salam kenal dari aku.

    BalasHapus
  18. Sip saya setuju... Saya dukung 100% Mas... :D

    BalasHapus
  19. Hahahaa... Baru baca ka... Oh gitu toh... Gapapa kok kalo ga dipajang. Ini cuman bentuk terimakasih aja karna udah banyak bantu saya ngeblog...
    kalo saya sih nganggapnya 'solidaritas' sesama blogger aja. Hitung-hitung silaturahmi dan ungkapan terimakasih atas partisipasi mereka di blog saya...
    Jarang-jarang juga dapat award, kalo udah keseringan mungkin nanti bisa disortir...

    BalasHapus