08 Agustus, 2011

Kopdar Amal Kopdarloenpia

“Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya.” (HR. At Tirmidzi no 807, ia berkata: “Hasan shahih”)
Di bulan Ramadhan ini, kita sebagai muslim tentunya akan berlomba-lomba memburu pahala sebanyak-banyaknya. Di bulan ini, kita diberi kesempatan seluas-luasnya untuk menambah pahala karena Alah Ta'ala sendiri yang akan membalasnya.
“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.’” (HR. Muslim no.1151)
Kesempatan yang sangat berharga tersebut tidak boleh kita lewatkan begitu saja. Seperti yang dilakukan oleh komunitas koproller Semarang (Kopdar Loenpia). Mereka mengadakan bakti sosial atau mereka menyebutnya kopdar amal. Kopdar amal ini juga dihadiri oleh beberapa wakil dari komunitas koprol Surakarta (Sukooy). Kebetulan yang menjadi target kali ini adalah Panti Asuhan Baitussalam. Berlokasi di Pedurungan Lor, Kota Semarang dengan jumlah 35 anak (putra putri) di dalamnya yang umurnya bervariasi mulai dari balita sampai sekolah SMA.

Acara kopdar amal dimulai dari pukul 16:30 dengan acara pembukaan sambutan dan perkenalan komunitas kepada pihak panti. Sambil menunggu waktu buka puasa, acara diisi dengan games pertanyaan dari panitia kepada anak-anak dan sebaliknya pertanyaan dari anak-anak ke semua anggota komuitas. Menjelang waktu berbuka diisi dengan kultum dari pihak panti dan doa.

Berbuka puasa dengan anak yatiim adalah kenikmatan tersendiri untuk saya. Bisa merasakan suasana kebahagiaan disekitar mereka adalah kenikmatan yang luar biasa untuk saya. Bisa merasakan senyum tawa diantara mereka adalah kebahagiaan bagi saya. Apalagi yang sudah merasakan sebagai anak yatim seperti saya, subhanallah...tidak bisa diunggapkan dengan kata-kata :)

Selain buka bersama dari kopdarloenpia juga memberikan beberapa pakaian pantas pakai dan uang tunai untuk menunjang kegiatan panti asuhan. Harapannya semoga apa yang kita lakukan berguna bagi pihak Panti Asuhan sendiri dan bermanfaat juga bagi pihak donatur supaya bisa lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya, lebih bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah Ta'ala.

Semoga semangat memberi ini terus berlanjut di bulan Ramadhan ini, tidak perlu menunggu acara dari komunitas. Berlanjut juga di bulan-bulan yang lain dan berlanjut di tempat yang lain dimana pun kita berada. Semoga semangat berbagi ini bisa menambah semangat orang lain untuk berbagi kepada yang membutuhkan. Amin.

Tak perlu mengeluh apa saja yang kita dapatkan, tapi bersyukurlah Allah Ta'ala telah memberi lebih dari apa yang kita bayangkan :)

2 komentar:

  1. endi oleh2e :-w *sambil nodong pake garpu :p

    BalasHapus
  2. mantaf ini kopdarnya, hati lega bener liat kegiatan seperti ini , semoga berlanjut, sukses semuanya

    BalasHapus