24 September, 2011

Air Terjun Semirang

Wisata alam di Semarang dan sekitarnya bisa dibilang tidak banyak. Maksudnya tidak banyak yang tahu :D Seperti Air Terjun Semirang yang lokasinya tidak jauh dari kota Ungaran, Jawa Tengah. Mungkin karena promosi yang kurang dari pemerintah setempat, jadi belum banyak yang tahu lokasinya atau bahkan tidak banyak yang tahu keberadaannya. Padahal pemandangannya tidak kalah dengan Curug Sewu di Tawangmangu dengan biaya yang tentunya jauh lebih murah daripada di sana. Biaya masuk (pada awal tahun 2011, tepatnya bulan Februari) Rp7.500,- dengan rincian: 1.000/orang masuk area wisata, 1.500 parkir motor, 5.000/orang masuk lokasi wisata.

Saat posting ini saya sendiri sudah terhitung 2 kali ke Semirang, yang pertama bersama dengan rombongan Kopdar_Loenpia dan yang kedua diajak temen saya. Begitu sampai pintu masuk, kita akan langsung disuguhi pemandangan pepohonan yang didominasi oleh pohon pinus. Butuh perjuangan yang tidak mudah untuk menuju lokasi air terjun. Dari tiket masuk menuju air terjun hanya ada jalan setapak sepanjang (sekitar) 1 km atau sekitar 20-30 menit jalan kaki. Perjalanan yang cukup melelahkan, apalagi bagi orang yang jarang olahraga seperti saya. Sepanjang perjalanan menuju air terjun yang rata-rata tanjakan berhasil membuat mandi keringat sampainya di sana. Tapi di tengah perjalanan ada satu sungai yang bisa dijadikan tempat istirahat sambil mandi maen air atau cuma foto-foto. Walaupun di perjalanan ada beberapa orang yang jualan minuman dan makanan kecil baiknya kita bawa sendiri dari rumah atau beli di jalan karena harganya sedikit lebih mahal dari biasanya.


Seketika capek hilang saat melihat indahnya air terjun Semirang dari kejauhan. Begitu sampai di sana semilir angin dengan membawa butiran-butiran air menampar muka dan meraba seluruh tubuhku. Sudah sampai di sana dan tidak turun mendekat ke curug? Mending nonton tv dirumah! :p Air yang dingin ditambah sejuknya hembusan angin bisa mendinginkan kepala yang panas akibat segudang masalah dan kerjaan yang tak kunjung usai. Paling tidak mendinginkan sementara. hehehe.. Jika menginginkan wisata alam sekitar Semarang yang murah meriah tapi tidak murahan, Curug Semirang bisa jadi pilihan anda.

9 komentar:

  1. udaranya keliatan seger banget mar
    murah meriah lagi
    dari ungaran sebelah mana ya?

    BalasHapus
  2. love Semarang sooo much #smg kesampaian kesana awal tahun depan =D

    BalasHapus
  3. @tisafitrira: nanti kalo ke sini aja aku kasih tahu,susah jelasin di sini :D
    @Laili: Aaaamiiinn... awas kalo ga ngabari.

    BalasHapus
  4. wah cantik ya air terjun nya. semoga terus dirawat, jangan sampe terabaikan.
    ditempat saya ada lokasi yang berpotensi, namun kurang perhatian akses menuju kesana nya.
    cek deh disini.

    http://dinneno.wordpress.com/2011/09/13/tour-jelajah-bukit-kapur-kawah-dolok-tinggi-raja/

    BalasHapus
  5. karo curug lawe ngendine kang?

    BalasHapus
  6. @dinneno: amin, semoga pemerintah mendukung wisata alam di daerahnya.
    @Pencerah: wah, adoh. Iki daerah Ungaran pak, nek Curug Lawe bukane daerah Gunung Pati?

    BalasHapus
  7. nyesel deh sudah main ke ungaran tak mampir ke curug ini,,
    pokoknya kalau ke sana pengen menikmati air curug ini,,
    thns gan sudah berbagi informasi,,

    BalasHapus
  8. Q udah beberapa kali tempatnya tidak mengecawakan.

    BalasHapus