07 September, 2012

Posting Font Arabic di Blogspot

بسم الله الرحمن الرحيم 
الحمد لله nemu lagi tips sederhana yang mungkin belum banyak yang tahu. Ketika kita akan menulis tulisan arab pada posting, sering kali kesulitan. Dulu saya juga pernah menulis hal serupa tapi tak sama tentang menulis arab online. Bedanya, yang ini kita tidak membutuhkan web atau aplikasi yang lain. Cukup di laman compose/posting blogspot. 

Caranya ternyata sangat mudah. Masuk ke Settings  >> Language and Formatting >> Enable transliteration kemudian pilih Enable in Arabic (nanti bisa dirubah waktu posting).

Sudah? Save Settings. Lalu posting seperti biasa. Untuk posting font arab lihat toolbar sebelah kanan (huruf ain), klik untuk enable. Selama itu dalam keadaan enable kita bisa menulis dengan font arab langsung di dalam kolom posting. Jika ingin kembali menulis latin, klik lagi untuk unable.

Kita tidak perlu menghafal peta keyboard karena cara mengetiknya disesuaikan dengan bunyinya, misal: A untuk أ , Y untuk ي , K untuk ك , dan seterusnya. Ketika mengetik juga ada pilihannya, dengan tombol bawah dan atas pada keyboard untuk memilih. Menurut saya lebih mudah dan lebih cepat daripada harus memakai keyboard virtual.

Font yang kita ketik pada posting ini juga bisa kita copy dan paste di aplikasi office (misal MS Word).

3 komentar: