09 Desember, 2012

Selamat tinggal chat rooms

Untuk ke sekian kalinya, Yahoo! memutuskan untuk menonaktifkan beberapa layanannya. Kali ini Yahoo! Messenger yang dikurangi fiturnya mulai tanggal 14 Desember 2012. Salah duanya yang pernah saya pakai adalah Pingbox dan Chat Rooms. Walaupun tidak lama, paling tidak saya pernah merasakan fitur keduanya.

Pingbox adalah layanan Yahoo! Messenger untuk blog atau web. Aplikasi Y!M yang dipasang di web atau blog sehingga pengunjung bisa chating langsung dengan kita lewat blog saat kita online walaupun kita tidak punya akun Y!M. Layanan ini tidak akan bisa kita nikmati lagi mulai 14 Desember 2012. Kira-Kira begini penampakan Yahoo! Pingbox, kali aja ada yang belum tahu.

Yang kedua adalah layanan yang pernah saya gunakan sewaktu awal-awal kenalan sama Yahoo! Messenger, sekitar tahun 2006 (sudah lama ternyata) yaitu Chat Rooms. Layanan ini bisa dibilang layanan untuk mencari teman menurut hobi, bahasa atau lokasi. Kalau saya biasanya pilih berdasarkan lokasi. Lokasi yang dimaksud di sini adalah lokasi room, bukan semacam checked in.


Room ini biasanya dijadikan tempat nongkrong beberapa orang yang sudah biasa di situ. Saking seringnya nongkrong antar pengguni sudah hafal orang-orangnya. Temen saya malah sudah ikut salah satu komunitasnya. Ada banyak juga yang nyepam link. Karena chat rooms itu daftar temen di Y!M saya jadi tambah banyak, tapi kebanyakan cuma add lalu diem. Tapi ada juga yang masih jadi temen sampai sekarang.

Saya lihat memang tidak ada perubahan di chat rooms sejak pertama kali saya kenal. Peminatnya juga tidak sebanyak dulu. Kita tunggu saja, produk dan fitur apalagi yang akan dinonaktifkan oleh Yahoo!

9 komentar:

  1. yahhh kok ditinggal sih gan sayang banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya Yahoo! dan Tuhan yang tahu :D

      Peminatnya semakin sedikit, sudah pada pindah ke socmed yang lain.

      Hapus
  2. ane jg udah ngurangin chat rooms nih

    BalasHapus
  3. untung saia tidak pake keduanya hahahah

    BalasHapus
  4. aku juga dulu pake tuh gan, tapi di rasa-rasa berat juga loadnya.. eh sekarang malah di tutup :D

    BalasHapus
  5. Infonya mantap gan,terimakasih & sukses.

    BalasHapus
  6. trims sebelumnya, sekalian mau tanya gan apakah bisa di aplikasikan ke website jenis html seperti web kami ini. Trims ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya yang diaplikasikan yang mana?
      pingbox sama chat rooms kan udah dihapus sama yahoo!

      Hapus
  7. Saya kurang begitu suka dari awal ngeblog pak, heheee jadi ya mending biasa2 saja lah blognya...


    salam

    BalasHapus