28 April, 2008

Aplikasi Java Mobile Messenger

Saat ini sudah banyak aplikasi2 mobile messenger yang mendukung aplikasi java. Dengan mobile messenger ini kita ga perlu ke warnet untuk sekedar chating bukan ceting. Bisa chating sekali lagi bukan ceting sambil makan, tiduran:sleep:, jalan2 di mall, atau...sambil maaf b.a.b :devilishgrin:juga bisa. Tentu saja tarifnya lebih murah dari pada sms apalagi telepon. Tarif gprs sampai saat ini yang aku ketahui berbeda-beda tiap operator. Telkomsel Rp 12/kb, XL dan Three Rp 10/kb, dan untuk Mentari atau IM3 Rp 1/kb atau Rp 100/menit, operator yang lainnya belum tahu.

Aplikasi2 yang mendukung Yahoo! Messenger mobile yang pernah aku coba diantaranya:

Shmessenger, aplikasi dengan tampilan yang tidak membosankan (bisa ganti-ganti theme) dan banyak fitur. Salah satu fitur yang aku suka dari shmessenger yaitu fitur spy, dimana kita bisa mengintip lawan chat yang invisible. Ada juga fitur avatar, di sini kita bisa menampilkan avatar dari gambar2 atau foto2 dalam handphone. Trus kita juga bisa send file,baik file dari hp maupun dari hasil jepretan kamera. Tapi di dalam fitur yang banyak ini shmessenger ada kekurangannya yaitu kurang stabil, jadi jika gprs kurang stabil/ sinyal ga bagus jangan harap bisamenjalankan aplikasi ini dengan mulus.

YMTiny. Merupakan salah satu aplikasi Yahoo! Messenger Mobile buatan anak negeri tepuktangan. Fitur2 YMTiny terus bertambah seiring dengan seringnya update. Jadi jika kita mengingiankan fitur terbaru, harus sering2 mengunjungi webnya. Dibandingkan dengan shmessenger, YMTiny lebih stabil. Kekurangan: tidak bisa add buddy (semoga di versi selanjutnya ada fitur ini)

E Buddy. Sudah banyak orang tahu tentang aplikasi dengan fitur2 standar ini. E Buddy ini yang pertama kali mengenalkanku dengan mobile messenger. Yang tidak aku suka default avatarnya (gambar E Buddy).

Trutap. Selain mobile messenger, trutap juga menyediakan fasilitas lainnya, seperti contact; dimana kita bisa backup phonebook. Jadi sewaktu-waktu misal simcard kita hilang kita masih ada backupnya. Selain itu kita bisa posting blog dari trutap ini, sudah aku coba di posting sebelumnya.


Mig33. Aku kira sudah banyak blog yang membahas mig33 ini. Mulai dari fitur2 sampai tips dan triknya. Jadi tidak perlu dibahas lagi. sengihnampakgigi

Morange. seperti halnya trutap, morange juga tidak hanya untuk mobile messenger. Morange dilengkapi wap browser dan email. Tidak seperti mobile messenger yang lain, morange bisa multi ID. Jadi kita bisa login lebih dari 1 account Yahoo!. Cuma ukurannya agak besar (sekitar 1MB).


Agilemessenger. Pertama kali aku coba ini karena ada rekomendasi dari temen, katanya agilemessenger barusan update bisa untuk conference. Tapi sampai sekarang belum kucoba (belum ada yang ngajak conference).:tsk:

Pernah coba juga whizzper dan ymess tapi sampe sekarang lom bisa dijalankan (belum pernah berhasil loginsedih). Dari aplikasi2 di atas, yang tidak perlu registrasi YMTiny, E Buddy dan Ymess. Oiya, aplikasi-aplikasi ini aku coba menggunakan hp soner w200i kesayanganku.

Yang hpnya ga support java jangan kawatir, masih bisa chat via handphone. Asal bisa bisa gprs, dengan Yahoo! mobile, buka url m.yahoo.com atau E Buddy mobile dengan url wap.ebuddy.com dari hp masing-masing. Silakan dicoba dan semoga berhasil. :astig:

Update!
YehBA*. Aplikasi yang tidak jauh beda dengan mig33. Ada YehBA chat roomnya dan bisa kick user di chat room. Cuma mungkin mig33 lebih familiar di telinga kita dan pengguna mig33 lebih banyak, jadi banyak yang milih mig33 daripada YehBA ini.

Yamee. Yang membedakan Yamee dengan aplikasi2 yang lain adalah fasilitas conference. Selain itu hampir sama seperti aplikasi-aplikasi yang lain; custom status, add/remove contact, kirim BUZZ!!!, dll.

10 komentar:

  1. makacii yah mas mardee untuk resumenya ^_^

    BalasHapus
  2. Saya sekarang pakai Yehba mas... lumayan irit dan bisa dipakai untuk YM dan MSN

    BalasHapus
  3. @bloetoz: Yehba? hem...nanti aku coba juga ah :D klo udah,nanti aku tambahkan skalian di atas.
    makasih infonya..

    BalasHapus
  4. aq dah cari aplikasi YM bwt hp yg bs converence chat neh..
    Apa ga ada ya YM yg asli,,smw dh aq donlot,trmsuk YMtiny.,mìg33,morange,bing,nimbuz,trutap,dll.., tp ga da 1 pun yg mendukung chat converence. Kalo ada tlg ksh tw ke email sy..
    h3r_an@yahoo.co.id

    Oia..di atas ditulìs yamee sm agilemassanger bs converence ya.. Q coba de..!

    BalasHapus
  5. Kalo aku lebih suka pake eBuddy. Mo baca alasanya? klik disini

    BalasHapus
  6. Udah nyoba beberapa aplikasi mulai yamee, nimbuzz, ymtiny, mig33, dll. Dari pengalaman gw ymtiny yang paling ngirit pulsa.

    BalasHapus
  7. Mas,... Hp ku Virtuv,tidak mendukung layanan Java,bisa ga ya aku install aplikasi? atau mas rekomen apa biar aku bisa chatting
    Thanks sebelumnya
    aku tunggu reply nya ya,...
    Urgent!
    Kl bisa ke email ku,....
    dewi_hast@yahoo.com

    BalasHapus
  8. dulu aku pake shmessenger yang irit, yamee juga yahu. tapi sekarang shmessenger g bisa konek dengan salah satu kartu. sedangkan yamee, yahu, ymtiny g bisa dipake :(( yang bisa konek nimbuzz, ebuddy (mahal) yang irit ya yehba sama slick

    BalasHapus
  9. Thanks bro,, akhirnya bisa ol YM di HP :))

    BalasHapus