22 Mei, 2012

[Review] Twimbow, twitter web client

Setelah sekian lama bertahan dengan tweetdeck, akhirnya selingkuh juga dengan yang lain. Salah satu hal yang menyebabkan selingkuh adalah hilangnya (tidak terlihat) twit ketika discroll ke bawah. Dan scroll itu pun tidak mulus sebagaimana yang lain, tidak selalu bisa melihat twit sebelumnya karena tidak bisa discroll. Bukan karena koneksi, karena yang lain baik-baik saja. Kemudian pindah seesmic, kurang nyaman. Pindah lagi ke hootsuite. Yang sangat di sisayangkan di hootsuite adalah tidak ada notifikasi, baik itu di tab maupun di desktop, jadi harus sering-sering cek tab. Lalu tidak bisa menambah kolom untuk timeline user tertentu dan tidak jelasnya status user yang kita lihat, apakah follower, following, dua-duanya atau bukan keduanya.

Lalu beberapa hari yang lalu menemukan ada following yang menggunakan aplikasi twimbow, mungkin kependekan dari twitter rainbow. Yang membedakan twimbow dengan aplikasi yang selama ini saya gunakan adalah kekayaan warnanya. Berikut beberapa kelebihan yang ada pada twimbow:
  1. Multiple account, baik itu untuk twitter maupun facebook (termasuk facebook fanpage).
  2. Custom backgroud. Untuk topbar ada 14 pilihan sedangkan untuk backgroud ada 3 pilihan (dark, light atau pakai twitter backgroud).
  3. Twit yang berhubungan dengan akun kita dipisah dalam kolom tersendiri sebelah kiri. Twit terkirim, mention, DM (masuk dan keluar), retwit, dan favorit dalam satu kolom dan bisa dipilih mana yang akan ditampilkan hanya dengan klik icon di kolom bagian atas.
  4. Warna. Tiap list diberi warna yang berbeda (bisa kita pilih sesuka hati) di sebelah avatar dan link-nya. Selain itu twit kita sendiri juga bisa berwarna (tapi hanya terlihat pada aplikasi twimbow). Warna reply, DM, RT, RTs, favourites juga beda-beda.
  5. Monitor di bawah, untuk memantau TL user atau pencarian tertentu.
  6. Menu pemutar video youtube dan membaginya ke twitter.
  7. Twimbow reader, untuk membaca artikel dari link di twit atau dari RSS yang sudah kita tambahkan. Bisa dibagi (share) juga.
  8. Send later, untuk menjadwalkan kapan twit kita akan dipublish. Bisa diatur untuk pengulangan tiap hari pada jam yang sama.
  9. Bisa diseting hashtag otomatis tiap kita publish twit dan atau reply. Cocok untuk kultwit.
  10. Trending topic dunia dan regional dengan diagram, lebih jelas.


    Dari beberapa kelebihan di atas ada juga kekurangannya:
    • Tidak bisa memilih update untuk akun facebook saja, jadi untuk update status facebook via twimbow harus update untuk twitter juga.
    • Memakan banyak memori pada browser chrome, jika sudah terasa berat tab harus direfresh. Untuk browser yang lain belum coba.
    • List yg berwarna di kolom Home bukan list dari twitter tapi list pada akun twimbow. Harus buat list baru kalo pengen jadi warna-warni. Membuat list baru gampang, tinggal klik border sebelah avatar, pilih list yang diinginkan.
    • Default playing-nya Lady Gaga -______-
    • Send later hanya tersedia perjam per hari, jadi hanya ada 24 slot tiap harinya.
    Jika ada yang kurang silakan tambahkan pada kolom komentar. Oiya, ada aplikasi instalasi twimbow desktop pengguna windows dan mac tapi saya sendiri belum mencobanya jadi belum bisa kasih komentar. Walaupun masih beta, twimbow sudah menunjukkan banyak kelebihannya. Saat ini twimbow sudah menjadi aplikasi default saya untuk PC, sedangkan untuk mobile masih setia dengan tweetdeck.

      9 komentar:

      1. Balasan
        1. kalo yg simple Twitter for Android, kalo pengen yg macem-macem coba tweetcaster, tweetdeck, seesmic atau ubersocial. coba aja semua, lalu pilih yg paling nyaman.

          Hapus
        2. untuk verse android kegnya dalam planning deh ....
          "kemarin abis baca2 di forumnya"

          Hapus
      2. aku pakai yang konvensional saja lah hehe.. soalnya ndak semua yg ditulis di twitter ingin ditulis di fesbuk, dan sebaliknya :D

        BalasHapus
        Balasan
        1. aku juga jarang crossposting. Tp paling tidak dengan monitor, ga perlu buka banyak tab :D

          Hapus
      3. wah sepertinya aku bakal selingkuh juga nih :D downloadnya dmn?

        BalasHapus
        Balasan
        1. eh, udah ngomong panjang lebar tertanya di posting blm ada ya?
          buka aja twimbow.com

          Hapus
      4. untuk "schedule post" lebih bagus punyanya si tweetdeck .. pilihannya lebih lengkap dibandingkan si twimbow ..

        BalasHapus
      5. Masih demen sama Ekopon, kalaupun versi mobil ubersok tetap jadi pilihan utama ^^

        YEEEYYY!! Akun emailku kembali ke pelukan :D #intermezzo

        BalasHapus