16 Juni, 2011

Pompa Ajaib

Apa yang terjadijika sebuah pompa bekerja terus-menerus sepanjang hari? Pasti belumlah sampai umur setahun si pompa akan masuk bengkel atau bahkan mati terbakar.

Tapi tidak dengan pompa yang ada di rongga dada kita. Namanya jantung, organ tubuh yang bertanggung jawab memompa darah ke seluruh pembuluh dalam dalam tubuh kita. Jantung berdenyut sepanjan waktu seumur hidup kita. Bahkan saat tidur pun, jantung tetap bekerja memnuhi suplai oksigen ke seluruh sel tubuh.

Bayangkan kemampuannya. Dalam semenit, rata- rata normal jantung orang dewasa berdenyut 70 kali. Ini setara dengan 4.200 kali dalam satu jam, atau 100.800 kali dalam sehari atau 3.6792.000 denyut dalam setahun. Jika mencapai umur 65 tahun, maka minimal jantung kita telah berdenyut sebanyak 2,391,480,000 kali. Jantung akan berdenyut 3 kali lebih cepat dalam kondisi stress, cemas, ketakutan atau dalam olah raga berat.

Dalam semenit, jantung mampu memompa 3 liter darah per meter persegi luas permukaan tubuh orang dewasa atau 102,492,000 liter selama 65 tahun. Hebatnya lagi, jantung yang memiliki kemampuan dasyat, hanya berukuran segenggaman tangan kita. Allahu Akbar!
“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentu yang sebaik-baiknya.” (Q.S At-Tin: 4)


Majalah Ar-Risalah No. 63 / Th VI Sya'ban – Ramadhan 1427 H

1 komentar:

  1. Subhanallah ...
    Segala puji bagi Allah Sang Pencipta alam semesta ini ...

    saya ada artikel juga tentang keajaiban dan kecerdasan Nya ...
    Salah satu makhluk ciptaannya yg begitu kecil namun sungguh amat mengagumkan ...

    saya tunggu share nya :D
    salam semangat dan takwa kesuksesan !

    BalasHapus