11 Februari, 2009

Bermilis Lebih Mudah Dengan Shortcut

Bagi yang ikut mailing list (milis) tentunya tidak asing dengan yang namanya email (ya iya lah, masak ikut milis ga tahu email??). Menurut saya pribadi, email yang bagus buat ikutan milis itu gmail. Apalagi bagi yang trafik milisnya nggilani padet. Seperti milis blogger yang saya ikuti, bulan lalu (Januari 2009) saja sampe 6,276 pesan. Bisa stress tuh kalo pake Yahoo! Mail :D Itu baru 1 milis! Tapi dengan gmail, kita bisa -sedikit- lebih tenang, karena di gmail email dengan subjek yang sama akan ditempatkan dalam 1 tread (seperti forum). Jadi lebih mudah memilih pesan yang bersangkutan.

Walaupun sudah sedikit terbantu dengan adanya tread, tapi kadang tetep saja males kesulitan dengan 20an tread tiap hari. Udah capek klak-klik mouse menghabiskan waktu, ternyata cuma junk! Apalagi menggunakan laptop, belum terbiasa lagi (doh). Untuk itu, shortcut di bawah ini semoga dapat membantu sehingga lebih mudah dalam bermilis ria.

Berikut shortcut di gmail.
Shortcut Key Definition Action
c Compose Membuat pesan baru
/ Search Meletakkan kursor pada kotak pencarian
k Move to newer conversation Pindah ke obrolan (tread) yang lebih baru.
j Move to older conversation Pindah ke obrolan (tread) yang lebih lama.
n Next message Pindah ke pesan selanjutnya. (Hanya bekerja pada 'tampilan tread'.)
p Previous message Pindah ke pesan sebelumnya. (Hanya bekerja pada 'tampilan tread'.)
o or Enter Open Membuka atau menutup percakapan pada tampilan tread.
u Return to conversation list Merefresh halaman dan kembali ke kotak masuk atau daftar percakapan.
e Archive Mengarsipkan pesan ke 'semua pesan'.
m Mute Mengarsipkan pesan dan obrolan (baru) selanjutnya tidak akan masuk ke kotak masuk, kecuali di 'cc' atau dikirim langsung ke email anda.
x Select conversation Memilih (menceklist) percakapan.
s Star a message or conversation Menambah atau menghilangkan tanda bintang.
! Report spam Menandai pesan sebagai spam dan menghapusnya dari percakapan.
r Reply Membalas ke pengirim pesan. Sift+r untuk membalas dari jendela browser baru. (Hanya bekerja pada 'tampilan tread')
a Reply all Membalas ke semua penerima pesan. Sift+a untuk membalas dari jendela browser baru. (Hanya bekerja pada 'tampilan tread')
f Forward Meneruskan pesan. Sift+f untuk meneruskan dari jendela browser baru. (Hanya bekerja pada 'tampilan tread')
Esc Escape from input field Menghilangkan kursor dari bidang yang sedang diisi.
Ctrl+ sSave draft Menyimpan pesan ke draft. Dan pastikan kursor ada pada bidang teks yang akan dikirim, bukan pada to, cc, bcc atau yang lain.
# Delete Membuang percakapan ke Bin (Sampah).
Sift+ i Mark as read Tandai pesan sudah dibaca dan melompat ke pesan selanjutnya.
Sift+ u Mark as unread Tandai pesan belum dibaca dan kembali ke daftar percakapan.
[ Archive and previous Mengarsipkan pesan dan menuju ke pesan sebelumnya.
] Archive and next Mengarsipkan pesan dan menuju ke pesan selanjutnya.
z Undo Kembali ke perintah sebelumnya jika memungkinkan.
Sift+ n Update current conversation Update peercakapan ketika ada pesan terbaru.
q Move cursor to chat search Memindah kursor ke kotak pencarian chatting.
y Remove from Current View* Otomatis menghapus pesan atau percakapan:
  • Dari Inbox, 'y' berarti Archive
  • Dari Starred, 'y' berarti Unstar
  • Dari Bin, 'y' berarti Pindah ke Inbox
  • Dari label, 'y' berarti Hapus Label
* 'y' tidak akan berfungsi di 'Spam', 'Sent' atau 'Semua Pesan'.
. Show more actions Menampilkan opsi pada 'drop down' menu.
? Show keyboard shortcuts Help Menampilkan bantuan keybord shortcut.



Masih ada lagi nih, Combo Shortcut. :)


Shortcut Key Definition Action
tab lalu Enter Send message Setelah menulis pesan gunakan ini untuk mengirim pesan. (Hanya mendukung pada Internet Explorer dan Firefox, di Windows.)
y lalu o Archive and next Mengarsipkan percakapan dan menuju ke percakapan selanjutnya.
g lalu a Go to 'All Mail' Menuju ke semua pesan.
g lalu s Go to 'Starred' Menuju ke starred (bertanda bintang)
g lalu c Go to 'Contacts' Menuju ke kontak
g lalu d Go to 'Drafts' Menuju ke draft
g lalu i Go to 'Inbox' Menuju ke inbox
g lalu t Go to 'Sent Mail' Menuju ke pesan terkirim
* lalu a Select all Pilih semua
* lalu n Select none Tidak pilih semua
* lalu r Select read Pilih pesan yang telah dibaca
* lalu u Select unread Pilih pesan yang belum terbaca
* lalu s Select starred Pilih pesan bertanda bintang
* lalu t Select unstarred Pilih pesan yang tidak bertanda bintang

Tabel shortcut di atas dicopas dan saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan semena-mena dari gmail help. Jika ada yang salah mohon dikoreksi. :)

15 komentar:

  1. wuiih..
    mantab,,
    hasil bertapa di mana nih mas???

    BalasHapus
  2. kalo aku kok tak skip, hehehehe

    BalasHapus
  3. wah saya belum pernah ikut milis di google,

    kalo di yahoo, biasanya saya pilih seting daily digest,bukan individual email, jadi semua posting dalam 1 hari di milis bisa dibaca dalam 1 mail.
    salam kenal ya!

    BalasHapus
  4. walah shortcut buat thunderbird ga da ya?

    maenannya cuman tombol "n" buat next unread sama "b" back message...

    BalasHapus
  5. wah aku lihat banyak shortcut tambah bikin mumetzzz..

    BalasHapus
  6. wah mesti di print neh biar hapal

    BalasHapus
  7. hahhahaha...
    kok kowe betah ning milist loenpia tho bos..??

    kpn ansab'e..???

    BalasHapus
  8. mampir lagi.. Ada postingan di tempat saya tuh =)

    BalasHapus
  9. Mas, manusia "Oneng" ini semakin mbaca kok semakin bengong yah????

    BalasHapus
  10. Sip jadi tambah mudah dan cepat sekarang... fungsi yang ada di gmail

    BalasHapus