16 November, 2010

Berbagi sampah

Apa sih sampah itu? Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses (Wikipedia). Tentunya kita tahu material sisa tersebut jika dibiarkan bertambah dan menumpuk di bumi bisa mengakibatkan bertambahnya suhu bumi atau istilah kerennya global warming. Untuk itu, usahakan setidaknya mengurangi sampah mulai dari hal yang kecil. Perhatikan setiap proses yang kita lakukan, apakah sisanya bisa dipergunakan lagi atau memang harus dibuang. Jika harus dibuang, buang kemana.

Berbagi sampah, sesuatu yang kadang tidak kita sadari tapi telah kita lakukan. Seperti ketika kita membuang sampah di sungai, maka kita telah berbagi sampah dengan warga sekitar sungai yang dilewati sungai tersebut. Disaat kita membuang sampah di tepi jalan, tanpa kita sadari kita telah berbagi sampah dengan pengguna jalan yang lain dan dengan tukang sapu. Daripada berbagi sampah, kenapa tidak berbagi rezeki? Atau paling tidak berbagi senyum? :)

Sama halnya dengan sampah yang ada di pikiran kita, kemana sebaiknya kita buang? Pikiran yang sedang ruwet, banyak masalah juga akan menghasilkan sampah (uneg-uneg). Jika tidak kita kelola dengan baik, sampah itu akan menumpuk di otak dan akhirnya timbullah seteress. Buanglah sampah seperlunya. Dan jika memang harus dibuang, buanglah pada tempatnya. Tempat sampah pikiran yang paling baik adalah Tuhan, tempat dimana kita bebas keluarkan semua uneg-uneg, tempat mengadu segala masalah dan tempat yang paling baik untuk meminta solusi. Yang kedua yaitu keluarga, orang yang paling mengerti keadaan kita. Setelah itu baru pasangan (suami/istri) dan sahabat kita :) Tapi yang terjadi sekarang ini, banyak yang membuang sampah di media online baik itu di sosial media maupun blog. Sesuatu yang seharusnya tidak terjadi.

Seperti yang saya tulis di status facebook beberapa hari yang lalu,
tidak semua sampah harus dibuang, tidak semua uneg2 harus dituangkan dalam tulisan :) kadang, mengadu pada Tuhan adalah sebuah pilihan..

2 komentar:

  1. kata2 terakhir yg ditulis di fb itu...
    saya suka..
    siip2!
    bagus!

    tp klo sya mgkn jgn memakai istilah 'sampah' lah..

    BalasHapus
  2. Saya suka status facebooknya bro....

    BalasHapus